Rahasia Khasiat Temu Putih yang Jarang Diketahui

Khasiat Temu Putih – Tanaman di Indonesia sangat berlimpah dan hampir semuanya kaya akan manfaat, salah satunya adalah tanaman rimpang. Tanaman rimpang seperti kunyit, jahe, dan masih banyak lagi juga memiliki banyak sekali manfaat. Selain digunakan untuk bahan masakan, tanaman tersebut juga digunakan untuk jamu atau bahan obat. Salah satu tanaman rimpang yang juga memiliki banyak khasiat adalah temu putih.

Temu putih memiliki nama ilmiah curcuma zedoaria yang masuk dalam genus curcuma dan keluarga zingiberaceae. Tanaman ini asli dari India dan Indonesia namun sudah banyak digunakan di berbagai daerah sebagai bumbu serta juga dibudidayakan di daerah subtropis.

Temu putih memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya:

  • Memiliki akar rimpang
  • Kulit oranye terang maupun coklat tipis
  • Temu putih memiliki bau yang mirip dengan kunyit atau mangga
  • Berbunga warna kuning
  • Daunnya berbentuk bulat telur dengan bintik-bintik warna ungu yang panjangnya 1 sampai 2 meter
  • Buahnya berbentuk bulat telur dan segitiga
  • Bijinya berbentuk oval

Rahasia Khasiat Temu Putih yang Jarang Diketahui

Temu putih terbukti memiliki banyak sekali khasiat yang jarang diketahui, diantaranya:

1. Mengatasi stres dan kecemasan

Khasiat temu putih yang pertama adalah untuk mengatasi stres dan kecemasan. Kandungan ekstrak petroleum eter dan kloroform dalam temu putih dapat mengatasi stres, kecemasan, kelainan pada mobilitas, dan perlindungan terhadap reumatik.

2. Mengobati penyakit kanker

Khasiat temu putih yang selanjutnya adalah mengobati penyakit kanker. Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh baru (neoplasma) yang tidak normal, cepat, dan tidak terkendali. Kanker tidak menular yang diakibatkan oleh bakteri melainkan kanker tumbuh dari sel-sel organ yang melakukan mutasi genetik dari sel-sel yang tumbuh abnormal dan merusak.

Temu putih mengandung zedoarin, kurdiona, dan kurkumol dapat bertindak sebagai neoplastik terhadap sel kanker dan jaringan dengan pembentukan jaringan fibroblast liar yang ditingkatkan di sekitar jaringan kanker. Selain itu, lapisan limfosit dibentuk dalam sel-sel jaringan kanker dan membungkusnya yang membuat sel jaringan kenker tidak bisa tumbuh dan akhirnya mati yang membuatnya tidak lagi berbahaya.

Anti oksidan yang berasal dari imunomodulator dari temu putih menjadi zat yang dapat meningkatkan jumlah limfosit, meningkatkan toksisitas sel pembunuh, dan sintesis antibodi.

3. Mengobati gejala athritis

Khasiat temu putih yang lainnya adalah untuk mengobati gejala athritis karena kandungan petroleum eter dan kloroform yang ada dapat mengurangi iritasi, kecemasan, meningkatkan niat untuk berjalan, serta pengurangan pembengkakan sendi pada penderita arthritis.

4. Melancarkan peredaran darah

Khasiat temu putih yang berikutnya adalah untuk melancarkan peredaran darah. Senyawa kimia yang terkandung pada temu putih dipercaya mampu melancarkan peredaran tubuh.

5. Menghambat peradangan

Seperti yang disebutkan oleh sebuah studi, bahwa temu putih mengandung kurkumin yang secara efektif akan menghambat peradangan terjadi, baik itu peradangan kronis maupun akut sekalipun.

6. Mengurangi gejala sakit maag

Khasiat temu putih yang terakhir adalah mengurangi gejala sakit maag. Penyakit maag terjadi karena pola makan yang tidak teratur atau mengonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Cara untuk mengurangi gejala sakit maag dengan temu putih sangat mudah. Konsumsi air rebusan temu putih yang sudah dicampur dengan madu dan minum selagi hangat dua kali sehari.

Menjalani pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi dan olahraga sangat perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai macam keluhan kesehatan. Itulah sedikit ulasan tentang rahasia khasiat temu putih yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Selain untuk bahan masakan temu putih merupakan tanaman rimpang yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, seperti mengatasi stres, mengobati penyakit kanker, mengobati gejala athritis, melancarkan peredaran darah, menghambat peradangan, dan mengurangi gejala sakit maag.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *