Khasiat kumis kucing yang populer di dunia kesehatan, Kamu perlu tahu!

Khasiat kumis kucing – Kumis kucing adalah tanaman yang termasuk dalam golongan famili labiatae yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini sebenarnya berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke Asia dan Australia yang memberikan banyak khasiat bagi kesehatan.

Tanaman kumis kucing ini biasanya tumbuh di tanah yang subur dan gember dengan tata air serta udara yang baik. Apalagi kandungan zat kimia di dalamnya seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin dan kalium yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa khasiat kumis kucing yang populer di dunia kesehatan adalah sebagai berikut, yaitu :
Khasiat kumis kucing

1. Memperlancar pengeluaran air kemih

Khasiat kumis kucing yang pertama adalah untuk proses kecing, dimana bisa untuk memperlancar keluarnya air kemih atau air seni. Jika kamu merasa sulit dalam mengeluarkan air seni, hal ini berarti saluran kencing sedang mengalami infeksi. Faktor penyebabnya adalah adanya bakteri yang dinamakan escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia.

Kamu bisa mengobatinya dengan mengonsumsi rebusan daun kumis kucing ini pada pagi dan juga sore hari masing – masing ½ gelas saja.

2. Mengobati rematik

Rematik merupakan penyakit yang sering di derita orang lanjut usia, dimana penyakit ini menyerang persendian, otot dan urat. Penyebab dari penyakit ini memang belum diketahui dengan pasti, entah itu faktor genetik, infeksi akibat virus ataupun perubahan hormon.

Untuk itu, kamu bisa merasakan khasiat kumis kucing untuk mengurangi rasa nyeri, menghilangkan peradangan serta memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik saat mengalami penyakit rematik ini. Sebaiknya mengonsumsi rebusan daun kumis kucing ini tiga kali sehari masing – masing ½ gelas.

3. Mengobati batuk

Semua orang pasti pernah mengalami batuk, entah itu batuk kering berdahak, bronchitis, asma ataupun batuk rejan. Penyebabnya sendiri adalah bisa terjadi karena adanya benda asing seperti debu atau kuman yang merangsang selaput lendir.

Untuk itu kamu bisa mengobatinya dengan secara rutin meminum air rebusan daun kumis kucing setidaknya 3 kali sehari masing – masing 1 gelas.

4. Mengatasi masuk angin

Masuk angin merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya perkumpulan gas yang tidak teratur di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, kedinginan maupun musim pancaroba yang menimbulkan cuaca ekstrim.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus akan berakibat fatal, seperti sesak nafas, sakit pada persendian maupun diare yang berkepanjangan. Untuk itu, maka kamu bisa mengonsumsi rebusan daun kumis kucing secara teratur setidaknya sehari 2 kali masing – masing ½ gelas saja.

5. Mengobati asam urat

Khasiat kumis kucing selanjutnya adalah mengobati asam urat. Penyakit asam urat ini biasa menyerang bagian persendian dan terjadi karena konsumsi zat purin yang berlebihan, sehingga akan menyebabkan kristal asam urat menumpuk di persendian. Dengan begitu, sendi akan terasa nyeri, bengkak dan juga meradang.

Untuk mengobati serta mencegahnya datang kembali adalah dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing setidaknya 3 kali sehari, masing – masing ½ gelas saja.

Itulah dia beberapa khasiat kumis kucing yang begitu populer di dunia kesehatan. Sudah mencobanya? Jika belum kamu bisa mencoba dan meminumnya secara rutin untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit. Stay healthy!

Tanaman yang sebenarnya berasal dari Afrika ini mengandung minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin dan kalium yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat kumis kucing adalah penyakit rematik, batuk, masuk angin, mengobati asam urat serta memperlancar pengeluaran air kemih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *