Khasiat Biji Mahoni yang Jarang Diketahui

Khasiat Biji Mahoni – Bukan rahasia lagi jika sebagian besar tanaman yang ada di dunia ini memiliki khasiat tapi jarang diketahui banyak orang, termasuk biji dari pohon mahoni. Untuk yang belum tahu, pohon mahoni adalah pohon yang berasal dari Hindia Barat. Pohon mahoni berukuran sangat besar dan ketinggiannya bisa mencapai 40m serta memiliki diameter 125cm. Pohon mahoni berwarna coklat kehitaman pada kulit luar, saat masih muda berwarna abu-abu dan pohon ini berbatang lurus. Bunga pada pohon mahoni baru keluar setelah 7 tahun baru ditanam.

Pohon mahoni sangat terkenal dengan manfaat buah serta batang kayunya yang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam perabotan rumah tangga. Namun tak hanya itu, biji mahoni juga memiliki khasiat yang jarang diketahui orang. Berikut beberapa khasiat biji mahoni yang jarang diketahui.

Khasiat Biji Mahoni yang Jarang Diketahui

1. Menambah berat badan

Mengonsumsi biji mahoni sebagai suplemen bisa digunakan untuk membuat nafsu makan semakin bertambah dan berat badan akan naik.

2. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi biji mahoni dapat melindungi usus dengan membentuk suatu lapisan khusus yang membuat peningkatan glukosa dalam darah dapat terhambat. Cara mengonsumsi biji mahoni untuk mengontrol gula darah sangat mudah yaitu konsumsi setengah sendok teh bubuk mahoni sebelum makan. Cara ini efektif mengontrol gula darah karena adanya kandungan saponin di dalamnya.

3. Mengurangi nyeri saat haid

Daripada mengonsumsi obat pereda nyeri, lebih baik gunakan bahan alami seperti biji mahoni untuk meredakan sakit atau nyeri saat haid.

4. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan senyawa flavonoid yang terdapat pada biji mahoni berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan ada juga senyawa saponin yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Kedua senyawa ini efektif membuat jantung menjadi lebih sehat.

5. Menghilangkan penyakit panu

Penyakit panu adalah adanya jamur yang berkembang biak pada tubuh dan untuk mengatasinya, biji mahoni yang memiliki sifat anti jamur akan menghilangkan jamur yang terdapat pada kulit. Biji mahoni bisa langsung dikonsumsi atau dihaluskan untuk dioleskan ke bagian kulit yang terdapat alergi.

6. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa diredakan dengan cara menumbuk biji mahoni hingga halus dan menyeduhnya dengan air hangat. Minum seduhan ini secara teratur.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Setiap orang harus menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dan salah satu cara untuk menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh adalah mengonsumsi biji mahoni. Biji mahoni yang mengandung saponin dapat membuat daya tahan tubuh akan meningkat dan lebih kuat.

8. Melancarkan peredaran darah

Biji mahoni berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan adanya flavonoid yang terkandung pada biji mahoni dapat menurunkan kolesterol serta melancarkan peredaran darah.

9. Mengatasi demam dan meredakan pilek

Biji mahoni dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi demam dan meredakan pilek. Cara mengonsumsinya cukup mudah yaitu dengan menyeduh setengah sendok bubuk mahoni dengan air hangat yang bisa juga ditambahkan dengan madu. Minum 2 hingga 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Itulah beberapa khasiat biji mahoni yang jarang diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Tidak hanya batang pohonnya yang bisa bermanfaat untuk dijadikan perabotan rumah tangga, ternyata biji mahoni juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Seperti untuk menambah berat badan, mengontrol gula darah, mengurangi nyeri haid, memelihara kesehatan jantung, mengobati panu, mengatasi sembelit, menjaga kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mengatasi demam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *