Khasiat Belimbing Wuluh, Si Asam yang jadi alternatif pengobatan alami

Khasiat Belimbing Wuluh – Siapa yang tak kenal belimbing wuluh? Belimbing satu ini memang dikenal dengan kegunaannya sebagai pelengkap bahan masakan maupun di olah menjadi panganan seperti asinan, rujak dan sebagainya. Belimbung wuluh merupakan jenis belimbing dari varietas yang berbeda. Buah ini dikenal memiliki rasa yang asam serta mempunyai bentuk yang kecil atau seukuran ibu jari orang dewasa.

Selain dijadikan sebagai pelengkap masakan, ternyata buah belimbing wuluh ini kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh kita. Hampir semua bagian dari belimbing wuluh seperti batang, bunga, buah dan daunnya bisa dimanfaatkan.

Belimbing wuluh memiliki kandungan seperti vitamin C, tanin, kalsium oksalat, sulfur, saponin, tanin, glukosid, asam format dan kalsium sitrat dapat berfungsi sebagai bahan pengobatan alami serta kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan dan juga kecantikan.

7 Khasiat Belimbung Wuluh

1. Membantu mengatasi sariawan

Salah satu khasiat belimbing wuluh yaitu dapat membantu mengatasi sariawan. Kandungan alami dan vitamin C yang ada pada buah belimbing ini dipercaya secara efektif dapat mengatasi sariawan yang menganggu. Kamu bisa menggunakan belimbung wuluh dengan cara mengoleskannya pada bagian mulut yang terkena sariawan, memang menimbulkan efek perih namun hasilnya sariawan pun hilang seketika.

2. Membantu mencegah hipertensi

Khasiat belimbing wuluh selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi hipertensi. Kandungan dalam belimbing wuluh dapat menurunkan tekanan darah. Untuk mengabil khasiat belimbung wuluh ini hanya dengan merebus 2 gelas air dan 3 buah belimbing wuluh. Kemudian kamu dapat meminumnya satu kali sehari agar tekanan darah tinggi dapat berkurang.

3. Menghilangkan Panu

Khasiat belimbing wuluh selanjutnya ialah membantu menghilangkan panu. Belimbing wuluh memiliki kandungan anti jamur yang mampu menghilangkan panu secara efektif. Kamu bisa menempelkan parutan belimbing wuluh tersebut ke kulit yang terkena panu.

4. Membantu mengatasi diabetes

Salah satu khasiat belimbing wuluh yaitu dapat mengatasi diabetes. Belimbing wuluh memiliki kandungan zat asam yang dapat menurunkan gula darah dan ampuh mengatasi diabetes dalam tubuh. Cara menggunakannya yaitu dengan meminum air rebusan buah belimbing wuluh yang telah dilumatkan. Untuk hasil yang lebih baik dapat diminum dua kali sehari secara rutin.

5. Membantu mengobati batuk

Khasiat belimbing wuluh yang selanjutnya yaitu dapat membantu mengobati batuk. Kandungan alami yang terkandung dalam belimbing wuluh dapat mempercepat penyembuhan batuk. Caranya cukup mudah, tinggal siapkan bahan campuran yang terdiri dari 3 buah belimbing wuluh dan gula yang kemudian di tim selama beberapa jam. Setelah itu campuran tersebut disaring dan dapat dikonsumsi dalam dua kali minum. Untuk hasil terbaik dapat diminum saat perut dalam kondisi kosong, baik pagi maupun malam hari.

6. Mengobati sakit gigi

Kamu sering mengalami sakit gigi? Nah, menggunakan belimbing wuluh ini bisa dijadikan obat alternatif. Khasiat belimbing wuluh ini mampu mengatasi masalah sakit gigi karena kandungan alami yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa menggunakannya dengan menaruh belimbing wuluh yang sudah ditumbuk ke bagian gigi yang berlubang atau sakit.

7. Membantu menghilangkan jerawat

Khasiat belimbing wuluh yang terakhir adalah dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Kandungan antioksidan dan zat asam yang ada pada buah belimbing ini dapat secara efektif mengempeskan dan menyamarkan jerawat yang membandel.

Demikian ulasan tentang 7 khasiat belimbing wuluh bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Buah yang menjadi salah satu dari varietas belimbing ini biasanya digunakan untuk pengobatan alami karena khasiatnya yang berlimpah. Beberapa khasiat belimbing wuluh yang dimanfaatkan adalah bisa membantu mengatasi sariawan, mencegah hipertensi, mengobati panu, mengatasi diabetes, mengobati batuk, serta mampu untuk menghilangkan jerawat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *