8 Khasiat sirih merah yang tersembunyi, kamu wajib tahu!

Khasiat sirih merah – Daun sirih merah sebenarnya sama halnya dengan sirih hijau, namun khasiat sirih merah yang terkandung jauh lebih baik atau tidak kalah dengan daun sirih hijau. Bahkan telah ditemukan fakta dari suatu penelitian bahwa daun sirih merah ini mengandung falvonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, terpenana dan juga propoda yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat sirih merah

Setelah tahu kandungan apa didalamnya, berikut ini adalah beberapa khasiat sirih merah ini antara lain adalah :

1. Mengobati Bronkhitis

Khasiat sirih merah yang pertama adalah untuk mengobati bronkhitis. Kamu bisa menyembuhkannya dengan ramuan tradisional yang menggunakan daun sirih merah ini. Caranya yaitu sediakan daun sirih merah dan sepotong gula batu, rajang dan rebus bersamaan hingga tinggal satu gelas. Minum ramuan tersebut secara teratur, setidaknya 3 kali sehar masing – masingi 3 sendok makan.

2. Mengatasi diare

Diare merupakan penyakit yang sering di derita oleh orang dewasa maupun anak – anak. Mungkin terlihat biasa, namun jika dibiarkan terus menerus bisa membahayakan si penderita. Hal ini karena tubuh akan mengalami dehidrasi.

Kamu bisa mengobatinya dengan memanfaatkan khasiat sirih merah ini, yaitu dengan menumbuk 6 lembar daun sirih, 6 butir merica serta 1 sendok makan minyak. Jika sudah tercampur, gosokkan pada perut yang mengalami diare. Lakukan hal ini secara teratur untuk mengobati diare sampai sembuh, usahakan juga untuk meminum air putih setidaknya 2 liter per-hari.

3. Mengobati gusi berdarah

Apakah gusimu sering mengalami pendarahan? Kamu harus merasakan khasiat sirih merah ini. Daun sirih merah sangat berguna untuk menghentikan pendarahan pada gusi. Caranya yaitu dengan menyediakan 4 lembar daun sirih merah, rebus dan tunggu hingga dingin untuk dijadikan obat kumur. Lakukan hal ini secara berulang – ulang dan teratur hingga gusi sudah tidak berdarah lagi.

4. Mengobati mimisan

Selain mengobati gusi berdarah, daun sirih merah juga berfungsi untuk mengobati mimisan. Jika kamu merasa sering mengalami mimisan, kamu bisa menghentikannya dengan daun sirih merah. Cukup sediakan 1 lembar daun sirih yang masih muda, lumatkan dan gulung sambil ditekan hingga keluar minyaknya. Setelah itu, gunakan daun sirih merah tersebut untuk menyumbat hidung hingga tidak keluar darah lagi.

5. Mencegah munculnya jerawat

Khasiat sirih merah selanjutnya adalah bisa mencegah munculnya jerawat. Hal ini karena kandungan antioksidan, flavonoid dan vitamin yang akan memberikan nutrisi pada kulit serta mengganti sel – sel kulit wajah yang rusak akibat paparan sinar matahari. Nah, kamu bisa mendapatkan khasiat sirih merah ini dengan merebus 10 lembar daun dalam 200ml air, kemudian saring dan dinginkan. Kamu bisa menggunakan air rebusan ini untuk mencuci muka 2 kali sehari.

6. Mengatasi gejala keputihan

Khasiat sirih merah yaitu berperan sebagai antiseptik untuk mengatasi gejala keputihan. Caranya yaitu dengan merebus 5 – 10 daun sirih merah ke dalam 250 ml air. Setelah mendidih, barulah saring air dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Mengurangi bau badan

Selain mengandung antiseptik, daun sirih merah mengandung estragol dan kavicol yang bisa mengendalikan kelenjar keringat dalam tubuh. Tentunya hal ini dapat membantu mengurangi permasalahan bau badan. Kamu hanya cukup mengonsumsi air rebusan daun sirih merah sebanyak 2 gelas per hari serta mengoleskan tumbukan daun sirih ke daerah ketiak.

Demikian ulasan mengenai khasiat sirih merah. Semoga bisa menjadi alternatif pengobatan alamimu, selamat mencoba!

Meskipun sama dengan daun sirih hijau, namun daun sirih merah ternyata memiliki khasiat yang lebih baik. Khasiat sirih merah ini sendiri adalah bisa mengobati bronkhitis, mengatasi diare, mengobati gusi berdarah, mengobati mimisah, mencegah munculnya jerawat, mengatasi gejala keputihan dan mengurangi bau badan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *