10 Khasiat okra, Si sayur hijau yang bermanfaat bagi kesehatan

Khasiat okra – Okra merupakan tanaman yang ukurannya sebesar cabai hijau besar, sekelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Rasanya renyah dan memiliki tekstur yang mirip terong. Kamu bisa mengolah sayur okra ini menjadi kari, balado, ataupun hidangan tumis. Okra dipercaya berkhasiat untuk kesehatan.
Okra sangat populer di hampir seluruh belahan dunia. Hal ini karena selain dijadikan sayur, bahan dalam sup, dan lauk juga digunakan untuk minyak sayur. Okra mengandung kaya akan mineral, vitamin dan senyawa organik yang baik bagi kesehatan tubuh.
Khasiat Okra

Ini dia 10 khasiat okra, si sayur hijau yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain :

1. Kesehatan pencernaan

Khasiat okra untuk kesehatan pencernaan adalah dengan menjaga saluran usus agar tetap sehat. Selain itu serat yang ada pada okta bisa untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti kembung, kram, sembelit dan juga kelebihan gas.

2. Kesehatan mata

Selain untuk kesehatan pencernaan, khasiat okra sendiri bisa untuk melindungi mata dari resiko penyakit degenerasi makula serta katarak. Kandunga vitamin A, beta-karoten, zanthein dan lutein yang tinggi juga bisa menetralisir radikal bebas.

3. Kesehatan kulit

Okra kaya akan kandungan vitamin A, dimana khasiat okra yang satu ini bisa melindungi kesehatan kulitmu. Selain menyembuhkan luka secara cepat, juga bisa mengurangi munculnya bekas luka dan jerawat, dan tentunya bisa menjaga kesehatan sel – sel kulitmu.

4. Sistem kekebalan

Khasiat okra selanjutnya adalah menjaga sistem kekebalan, dimana kandungan vitamin C yang ada pada okra bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel – sel darah putih yang dapat memerangi zat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

5. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung

Khasiat okra yang selanjutnya adalah menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Si sayur hijau ini merupakan sumber vitamin dan mineral yang merupakan hal yang penting bagi kesehatan manusia. Dengan kandungan potasium yang ada akan membantu mengendurkan pembuluh darah dan arteri, sehingga akan mengurangi tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium yang ada pada okra bisa untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

6. Mengobati Anemia

Untuk kamu yang mempunyai penyakit anemia, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayur okra ini. Kamu bisa membuatnya sebagai jus yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, zat besi, dan mineral yang bisa memproduksi lebih banyak sel darah merah.

7. Menjaga kesehatan tulang

Selain mengobati beberapa penyakit berat, khasiat okra yang lain adalah bisa memeprkuat tulang. Hal ini karena kandungan folat yang ada di dalamnya bisa meningkatkan kepadatan tulang yang sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis.

8. Mengobati radang tenggorokan

Kamu sedang batuk atau radang tenggorokan? Konsumsi okra ini adalah solusi yang tepat. Khasiat okra yang mengandung sifat antibakteri dan antiseptik ini bisa meredakan batuk serta mengurangi rasa tidak nyaman tenggorokan akibat dari radang dan juga batuk.

9. Membantu mengobati diabetes

Okra mengandung insulin yang bermanfaat untuk mengobati diabetes. Selain itu, mengonsumsi jus okra secara rutin bisa mengendalikan diabetes, karena bisa membantu mengurangi kadar gula yang ada dalam darah.

10. Menurunkan tingkat kolesterol

Okra mempunyai fungsi untuk mengikat kelebihan kolesterol dan racun dalam asam empedu, sehingga bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol sekaligus mencegah banyak masalah kesehatan lainnya.

Demikian 10 khasiat okra, si sayur hijau yang bermanfaat bagi kesehatan. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatan serta mencegah munculnya berbagai penyakit. Selamat mencoba!

Sayur yang berbentuk seperti cabe hijau besar ini populer di dunia kesehatan karena mengandung kaya akan mineral, vitamin dan senyawa organik yang baik bagi kesehatan tubuh. Khasiat okra adalah untuk menjaga kesehatan mata, perncernaan, kulit, menjaga sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati anemia dan juga membantu mengobati diabetes.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *